Tips dan Cara Berlibur Ke Pulau Seribu!

Tips dan Cara Berlibur Ke Pulau Seribu!

Siapa yang belum mendengar tentang pulau seribu? Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang berjarak kurang lebih 45 km dari Kota Jakarta. Pulau ini terdiri dari pantai pasir putih bersih dan laut biru yang memanjakan mata.

Pulau Seribu

Sebelum membaca lebih lanjut, yuk kenalan dengan  beberapa destinasi wisata pilihan di kepulauan seribu: 

- Pulau Harapan
- Pulau Pari
- Pulau Tidung
- Pulau Macan
- Pulau Bidadari
- Pulau Untung Jawa

Beberapa pulau memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing, contohnya seperti pulau Bidadari yang dahulu digunakan sebagai tempat pengasingan sehingga masih memiliki benteng-benteng bernilai sejarah di sana, atau pulau Pari yang terkenal dengan keindahan bawah laut serta destinasi wisata bersepeda keliling pulau. Apabila Anda tertarik mengunjungi salah satu pulau di kepulauan Seribu, yuk simak beberapa tips di bawah ini!

Tips Berlibur Ke Pulau Seribu:


1.  Tentukan Pelabuhan Keberangkatan Anda

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk sampai ke pulau seribu, Anda bisa berangkat dari pantai marina Ancol, atau dari pelabuhan Muara Angke. Apabila prioritas Anda adalah budget, maka pelabuhan muara angke adalah pilihan yang tepat, namun bila Anda lebih mengutamakan waktu perjalanan yang lebih cepat Anda dapat berangkat melalui pantai Marina Ancol (tentunya dengan cost yang lebih mahal). Untuk sampai ke pelabuhan Muara Angke Anda dapat menggunakan transportasi pribadi seperti Mobil dan Motor, pelabuhan ini telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan aman, Anda tidak perlu khawatir untuk menitipkan kendaraan Anda selama 1 malam apabila Anda ingin menginap di pulau seribu. 

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti Bus Trans Jakarta dan berhenti di halte Pelabuhan Muara Angke. Harga tiket Busway sebesar Rp 3.500.,-

2. Pesan Melalui Aplikasi Jacket Boat

Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan aplikasi khusus yang membantu masyarakat dalam mengunjungi kepulauan Seribu. Aplikasi Jacket Boat merupakan platform pemesanan tiket kapal secara online yang memungkinkan Anda memesan tiket kapal dari manapun. Akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan dari aplikasi ini, seperti : Tiket yang hanya bisa Anda beli H-1 dari keberangkatan (Pukul 17:00) dan batasan bahwa satu user hanya dapat melakukan satu pemesanan di hari yang sama (Anda tidak bisa memesan tiket keberangkatan dan kepulangan pada hari yang sama)

Berikut beberapa tips pemesanan tiket melalui Jacket Boat
  • Persiapkan No KTP Anda (Dibutuhkan dalam pendaftaran)
  • Pastikan device dan koneksi internet Anda stabil menjelang pukul 17.00, tiket akan diperbarui setiap harinya pada pukul 17:00, Anda bisa me-refresh page nya secara berkala.
  • Apabila Anda menginginkan kepulangan dan keberangkatan dihari yang sama (Tidak menginap) maka gunakan 2 devices untuk pemesanan, hal ini terjadi karena Anda hanya bisa memesan satu perjalanan dalam 1 hari.
Harga tiket yang dijual menggunakan aplikasi Jacket Boat kurang dari Rp 35.000,- / orang. Sehingga Anda hanya memerlukan biaya sekitar Rp 70.000,- untuk biaya pulang pergi dari pelabuhan Muara Angke. Tarif tertentu dapat berubah menyesuaikan destinasi pulau yang Anda pilih

3. Siapkan Barang Bawaan dan Keperluan Pribadi Anda!

Dalam berlibur, Anda tentu perlu memikirkan ketersediaan penginapan, rumah makan, hingga toilet umum yang akan Anda butuhkan. Sebenarnya beberapa pulau--seperti pulau Pari telah dilengkapi dengan berbagai rumah makan, WC umum, bahkan penginapan. Anda dapat menyiapkan snack-snack ringan dan air mineral selama perjalanan Anda untuk menghemat pengeluaran, namun kuliner yang tersedia di kepulauan seribu tidak kalah enak loh! Di pulau Pari sendiri terdapat beberapa rumah makan yang menyediakan berbagai hidangan laut dan tumisan yang menggugah selera! dan menariknya, harga di sini masih masuk dalam kategori wajar (tidak mahal) dibanding kuliner di tempat wisata pada umumnya.

Penginapan di Kepulauan Seribu banyak terdiri dari Homestay milik warga setempat, hanya beberapa Pulau yang memiliki resort besar. Untuk mendapatkan penginapan Anda dapat memesannya secara online atau secara langsung, Beberapa warga akan bergegas menghampiri kapal Anda dan menawarkan penginapan bila Anda berkenan untuk menginap, mereka juga akan menawarkan apabila Anda ingin mencoba wahana Air seperti Snorkeling dan wisata lainnya!




Nah, berikut tips dan cara berlibur ke Pulau Seribu! Selalu jaga alam kita dan tidak merusak lingkungan kemanapun Anda berlibur ya!




You get the best version of me when i feel save around you. My femininity flourishes in healthy environments. I protect that version of me because i've spent so much time healing and preserving that version of me - Jojo, The minds Journal

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »