6 Cara Mempertajam Intuisi! Berani Mencoba?

 

6 Cara Mempertajam Intuisi! Berani Mencoba?

Ditulis oleh : Fatihatun Puti Sabrina

Intuisi merupakan bagian dari diri manusia yang dibawa sejak lahir. Intuisi hadir untuk membimbing, melindungi, dan membantu diri kita untuk berkembang lebih baik lagi.  Intuisi lebih sering kita sebut dengan firasat atau insting. Munculnya intuisi dapat membuat kita memahami sesuatu tanpa memerlukan alasan yang logis. Namun gaya hidup saat ini membuat kita bias, menyebabkan kita sulit terhubung dengan intuisi kita sendiri. Ketika kita tidak pernah menggunakan intuisi kita, besar kemungkinan kita akan kehilangan kemampuan intuisi yang kita milikki.

Fatihatun Puti Sabrina

Berikut 6 Cara Untuk Mempertajam Intuisi Anda:

1. Sisihkan Waktu Dengan Diri Sendiri

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menguatkan intuisi adalah dengan terbiasa memberikan waktu untuk diri sendiri. Intuisi merupakan bagian dari jiwa seseorang, menyangkut hubungan dengan diri terdalam. Interaksi dengan orang di sekitar sering kali membuat kita bias dengan apa yang sebenarnya kita rasakan.

Doktor Richard Carlson—ahli pskiatris sekaligus penulis buku psikologis best seller, mengatakan bahwa ia selalu terbangun lebih pagi dibanding semua anggota keluarganya hanya untuk menghabiskan waktu seorang diri. Entah dengan membaca buku, atau hanya diam menikmati secangkir teh hangat tanpa melakukan apapun. Kebiasaan ini akan memberikan space antara diri kita dan lingkungan di sekitar, kita akan memiliki waktu untuk memproses dan memahami apa yang kita inginkan, pemikiran, juga emosi yang kita rasakan

2. Cegah Emotional Detachment

Menyinggung dari menghindari bias pada diri sendiri yang sempat ditulis pada point pertama, kita perlu belajar untuk menerima dan merasakan semua emosi yang kita alami dengan kesadaran penuh bahwa kita manusia. Rasa marah, kesal, sedih, kecewa, bahkan perasaan cemburu atau iri, merupakan sesuatu yang manusiawi.

Mencegah emotional detachment akan meningkatkan kesadaran /“awareness”  terhadap diri sendiri, di detik kita belajar melakukan penerimaan secara emosional (sekalipun untuk hal yang rasanya menyakitkan), saat itu pula kita belajar berdaimai dengan ego kita, dengan begitu intuisi akan menguat. Pahami lebih lanjut mengenai Cara Membedakan Ego dan Intuisi 

3. Belajar Empati

Intuisi memang terdapat dalam diri kita, namun ia selalu bereaksi ketika kita berhadapan dengan orang lain atau kondisi tertentu. Sebagai contoh, pernahkah Anda merasa tidak nyaman ketika bertemu dengan orang-orang baru dalam hidup Anda?  Atau merasa bahwa Anda seolah bisa mempercayai dan merasa nyaman tanpa memerlukan alasan logis dibalik hal tersebut? Itu merupakan kinerja dari intuisI Anda. Ia memberikan red flags untuk hal yang kurang baik dalam perkembangan jiwa Anda, dan memberikan confirmation (pada diri saya, misalnya : munculnya rasa hangat yang saya rasakan di dada saya, atau perasaan familiar yang memberi tanda kesesuaian energi/vibrasi).

Melatih empati sama dengan melatih rasa. Untuk memulainya, belajarlah untuk melihat dan menerima berbagai sudut pandang. Ubah keterbiasaan menghakimi menjadi penerimaan dan toleransi. Biasakan diri kita untuk membayangkan bagaimana berada di posisi orang lain sebelum memberikan masukan atau penghakiman. Dengan begitu empati Anda akan meningkat, dan intuisi Anda semakin menguat.

4. Meditasi

Salah satu cara terbaik yang dapat membantu kita untuk menguatkan intuisi adalah dengan bermeditasi. Meditasi pada setiap orang memiliki tujuan yang berbeda, namun bila kita bahas secara garis besar, meditasi adalah fase di mana kita mencoba berkomunikasi dengan diri sendiri tanpa adanya gangguan dari dunia luar. Bila dikaitkan dengan melatih intuisi secara spiritual, meditasi akan membuat kita mengetahui bagaimana intuisi kita mencoba berinteraksi dengan diri kita. Contohnya : dari pendengaran, sense of knowing, melalui penglihatan, feeling dan masih banyak lagi.

Meditasi membantu kita untuk lebih dekat dengan intuisi kita, salah satu mental state dari silva method, menjelaskan bahwa meditasi rutin membuat kita terhubung dalam salah satu state level  yang membantu kita untuk belajar, mengingat, berinteraksi dan membaca pikiran dan emosi diri sendiri dan orang lain. Dengan bermeditasi secara rutin akan memudahkan kita untuk memproses intuisi dalam diri.

5. Belajar Menikmati Hidup Dimasa Sekarang

Bayangan dari masa lampau dan kekhawatiran akan masa depan dapat membuat kita semakin sulit untuk terhubung dengan intuisi kita. Masa lampau yang belum bisa direlakan, dan rasa khawatir untuk apa yang belum terjadi dalam hidup kita memberikan tempat untuk ego menguasai diri. Ego sering menimbulkan perasaan takut dan khawatir, membuat kita berpegang pada sesuatu yang sudah seharusnya kita lepaskan. Sadar atau tidak, kebiasaan tersebut akan membuat kita sulit menikmati hidup di masa sekarang. Maka dari itu, belajar untuk live in the now, live the moment, agar intuisi Anda menguat.

6. Latih Intuisi Anda Dari Hal Sederhana.

Terakhir, kita bisa meningkatkan intuisi kita dengan berlatih. Pikirkan objek atau situasi tertentu, pejamkan mata Anda, dan biarkan intuisi Anda memunculkan beberapa skenario dalam pikiran Anda. Perhatikan berapa lama intuisi Anda berjalan lebih cepat dalam salah satu skenario dibanding skenario yang lain.

Contoh, Anda membayangkan seekor kucing, biarkan pikiran Anda memahami bahwa Anda sedang memikirkan seekor kucing, setelahnya Anda bisa jadi berjalan ke luar rumah, atau bersantai di depan teras, lalu Anda seolah merasa bahwa Anda ingin menoleh ke kanan, dan boom—seekor kucing Ada di sisi kanan Anda. Atau ketika Anda mengirim sebuah pesan dan mendapat balasan, cobalah untuk menebak situasi dan feel apa yang Anda terima dari pesan tersebut (Berfokus pada energi secara general, bukan sesuatu yang sangat spesifik).

Tentu jawaban kita tidak selalu benar, namun setidaknya kita telah belajar untuk menggunakan kata hati kita dalam kehidupan sehari-hari.  Semakin kita melatih intuisi kita dari permainan permainan kecil yang kita buat, kita tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk intuisi kita menjawab, kita juga bisa mengetahui dan terbiasa untuk memahami bagaimana intuisi kita berbicara dengan kita. Dengan sering berlatih, intuisi kita akan menguat!

6 hal di atas dapat diterapkan untuk menguatkan intuisi yang ada di dalam diri manusia. Jadi, sudah siap untuk melatih intuisi Anda?

 


You get the best version of me when i feel save around you. My femininity flourishes in healthy environments. I protect that version of me because i've spent so much time healing and preserving that version of me - Jojo, The minds Journal

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »